SIM Mati Saat Lebaran? Tenang Ada Toleransinya koq!

SIM (surat izin mengemudi)Mudik merupakan sebuah tradisi di Indonesia yang sudah ada sejak dahulu, sehingga bisa dikatakan sangat skral untuk pulang kampung setelah setahun bekerja di kota. Tak ayal hal ini membuat kantor pelayanan publik juga menutup sementara layanannya sesuai dengan libur yang ditetapkan oleh pemerintah.

Seperti halnya perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang juga libur selama masa mudik. Lalu bagaimana untuk yang memiliki SIM dengan habis tanggal berlaku saat liburan mudik lebaran? Jangan kuatir, ada toleransinya koq. Seperti yang disampaikan Kepala Seksi SIM Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar, bagi masyarakat yang SIM-nya jatuh tempo dan harus diperpanjang namun masih di kampung halaman, pihak kepolisian memberikan toleransi.

Tanggal 11-20 Juni (saat libur lebaran) mati (SIM-nya), dia bisa perpanjang dari 21-27 Juni 2018. Itu sudah pasti sudah ada kebijakan seperti itu dari tahun ke tahun seperti itu. Untuk jadwalnya sendiri di Jakarta, kata Fahri, bagi yang mau perpanjang SIM-nya bisa dilakukan juga pada 11-14 Juni 2018. Namun tanggal tersebut hanya berlaku di Jakarta saja, di daerah lain bisa berbeda.

Nah bagaimana untuk pelayanan di daerah? sepertinya juga akan sama karena aturan tersebut turun dari Mabes Polri dan berlaku untuk nasional. Namun ada baiknya sobat mencari informasi di kantor Polres masing masing kepastian buka layanan perpanjangan SIM setelah libur lebaran.

Tags:, ,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *