Perhatikan hal ini Ketika Menaruh Barang Di Atap Mobil

barang bawaan diatap mobilMudik identik dengan barang bawaan yang cukup banyak, selain membawa kebutuhan pribadi selama dikampung halaman juga identik dengan oleh oleh. Tak ayal kadang kabin atau bagasi mobil tak cukup luas untuk menyimnpan barang bawaan saat mudik, sehingga banyak yang meletakkan barang bawan diatas atap mobil.

Hal tersebut sah sah saja dilakukan asal tidak berlebihan, selain itu tak asal meletakkan barang diatas atap, setidaknya kita harus memasang roof box atau roof rack sebagai media untuk menahan barang bawaan di atap mobil.

Roof box biasanya lebih mana karena memilik tutup yang cukup besar berbentuk kapsul bisa dikatakan mirip koper yang diletakkan diatas atap mobil, selain lebih aman karena tertutup juga lebih nyaman karena bisa mengurangi barang bawaan didalam kabin mobil.

Sedangkan roof rack hanya sebuah rack biasa yang diletakkan diatas mobil, sehingga kita masih perlu menutup dengan plastik atau terpal untuk menutup barang yang kita letakkan diatap mobil tersebut agar terlindung dari debu dan air hujan. Meskipun tergolong ribet karena masih pakai penutup manual namun roof rack ini bisa menyimpan barang yang lebih besar (bukan lebih berat) karena tidak ada batasan ukuran.

Meskipun demikian bijaklah dalam meletakkan barang bawaan diatas mobil jangan terlalu tinggi dan lebar serat panjangnya tidak melebih atap mobil karena jika melebihi akan berbahaya dan rawan jatuh sehingga membahayakan pengendara lain.

Selain itu perhatikan juga berat bawaan yang akan diletakkan diatas atap, usahakan jangan menaruh bawaan yang berat diatap karena akan mengurangi keseimbangan mobil. Sebaiknya taruhlah barang yang paling berat didalam kabin saja.

Baca juga : Peraturan Barang bawaan pada sepeda motor

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *