Pengertian Teknologi eSP Pada Motor Honda

Enhanced Smart Power (ESP)Jika Yamaha mengandalkan teknologi Blue Core untuk teknologi mesin mereka, Honda tidak mau kalah mereka merilis skutik dengan teknologi eSP. Dan menariknya AHM membenamkan teknologi eSP keseluruh barisan motor matik mereka. Lalu apa sih yang dimaksud dengan Teknologi eSP tersebut?

ESP merupakan akronim dari Enhanced Smart Power dimana tujuan dari teknologi tersebut adalah untuk membuat mesin yang irit bahan bakar, ramah lingkungan dan tetap bertenaga. Awalnya teknologi eSP ini diaplikasikan Honda secara global pada tahun 2011 lalu dan skutik PCX 125 adalah motor pertama yang merasakan dari teknologi eSP. Dan AHM mempelopori pengaplikasian eSP sejak 2012 melalui Honda Vario 125 dan Honda PCX 150.

Teknologi pada eSP memberikan pembakaran sempurna melalui rotasi vertikal dan aliran maksimal saat pencampuran bahan bakar dengan udara, sehingga penyebaran lebih merata. Selain itu, teknologinya mengurangi gesekan dengan aplikasi offset cylinder, roller rocker arm dan dinding silinder bertekstur untuk menjaga bentuk lingkaran sempurna sehingga dapat mengurangi distorsi dan kerugian akibat gesekan lainnya.

Melalui cara kerjanya yang optimal, teknologi dasar eSP mampu memberikan manfaat maksimal pada sepeda motor. Teknologi eSP memaksimalkan pembakaran secara efisien dan meminimasi gesekan untuk mengurangi resiko terbuang percuma, serta mengoptimalkan energi yang keluar dari bahan bakar yang berharga.

Selain itu, eSP terintegrasi dengan ACG Starter yang mampu menghidupkan mesin lebih halus tanpa suara, serta menjadi dasar pengaplikasian fitur canggih Idling Stop System (ISS) yang mampu mematikan mesin saat berhenti lebih dari 3 detik dan pengendara hanya perlu menarik tuas gas untuk menghidupkannya lagi.

Nah itulah sedikit gambaran mengenai pengertian teknologi eSP pad motor Honda khususnya untuk skutik. Untuk keunggulan mesin eSP akan kita bahas diartikel berikutnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *