Peminat Sedan Semakin Turun Peminat SUV Justru Naik

Sedan vs suvPopularitas dan penjualan mobil jenis sedan semakin hari semakin berkurang, bukan saja di Indonesia tetapi ini trend hampir diseluruh berbagai wilayah negara di dunia. Diperkirakan para peminat sedan banyak yang beralih ke mobil SUV karena jenis mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Lalu apa penyebab sedan makin ditinggalkan?

Salah satu penyebab sedan mulai ditinggalkan dan para konsumen beralih ke model SUV adalah mobil sedan dianggap lebih boros bahan bakar daripada mobil SUV seperti yang dilansir lama Carscoops. Dalam sebuah laporan yang dirilis oleh JATO, SUV semakin kesini terus menunjukan hasil yang baik terutama dalam konsumsi bahan bakar.

Mengambil contoh model Ford Focus dan Ford Escape. Tahun 2008 Ford Focus (sedan) tercatat rata-rata menghabiskan 11,9 km/l sementara Escape yang merupakan SUV hanya 9,6 km/l. Tahun 2017, kondisi tersebut berubah.Catatan konsumsi BBM 10.5 km/l untuk Escape dan Focus hanya 10 km/l. Kondisi tersebut tak hanya dialami oleh Ford saja. Melainkan juga model lain seperti Honda HR-V dengan 12,5 km/l.

Tren akan SUV ini diprediksi masih akan terus bertumbuh. Bukan hanya karena konsumsi BBM saja namun juga modelnya yang bisa melintasi berbagai medan menjadi nilai tambah buat SUV.

Di Amerika tahun 2009 mobil sedan bisa merebut 39 persen pangsa pasar mobil baru, 12 persen lebih tinggi dari SUV. Namun tahun 2017 sedan hanya 27 persen dan SUV melambung 41 persen. Cerita yang sama terjadi juga di beberapa negara belahan dunia.

Di belahan benua Eropa sedan bisa merebut 8 persen pasar tahun 2008 dan turun hanya sekitar 4,5 persen saja tahun lalu. Hal serupa pun terjadi di negara dengan popularitas sedan terbesar di dunia, pangsa pasar sedan hanya 39 persen semenatara SUV 42 persen.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? sepertinya juga demikian namun masyarakat Indonesia masih lebih menggandrungi mobil jenis MPV dari pada SUV.

Tags:,

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *