Inilah Perbedaan Tol Fungsional dan Tol Operasional

Tol fungsionalPemerintah telah memastikan bahwa ruas jalan tol Jakarta hingga Surubaya untuk mudik tahun 2018 sudah bisa digunakan sepenuhnya. Meskipun demikian ada dua status jalan tol yang ada dijalur tol tersebut yakni tol Operasional dan tol fungsional. Lalu apa perbedaan keduanya???

Dikutip dari keterangan yang ditulis oleh pihak jasa marga tol Operasional adalah tol yang sudah sepenuhnya jadi dan memiliki semua fasilitas jalan tol. Seperti rambu rambu lalu lintas, penunjuk arah jalan, rest area, SPBU dan lain sebagainya. Dengan Lengkapnya segala fasilitas tersebut maka akan dikenakan biaya normal sesuai aturan jika melintas ruas tol tersebut.

Lalu apa yang dimaksud dengan tol fungsional? Jalan tol fungsional adalah ruas jalan tol yang belum sepenuhnya jadi. Karena belum sepenuhnya jadi, belum ada pengenaan tarif bagi kendaraan yang melintas. Meskipun belum sepenuhnya jadi secara fungsi ruas jalan tersebut sudah layak untuk dilalui kendaraan jadi tidak bisa dibilang jalur darurat seperti tahun lalu.

Menurut Direktur Utama Jasa Marga Desi Arryani, Yang disebut jalur fungsional adalah sesuai level kesiapannya, jadi sudah bukan darurat seperti tahun lalu.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *