Inden Cukup Lama Membuat Konsumen Batal Beli Xpander?

mitsubishi xpanderSejak pertama kali diluncurkan Mitsubishi Xpander mendapat sambutan yang cukup antusias dari masyrakat Indonesia, hal ini semakin terbukti ketika Mitsubishi Xpander menjadi mobil terlaris Mei 2018 lalu. Sudah lebih dari 66.000 unit Xpander telah terjual sejak diluncurkan pertam kali pertengahan 2017 silam.

Meskipun menjadi primadona baru ternyata Mitsubishi Krama Yudha Sales Indonesia masih mempunyai PR yang cukup besar. Dimana pembeli masih harus inden terlebih dahulu selama 2 hingga 3 bulan untuk mendapatkan unit Mitsubishi Xpander ini. Durasi yang cukup lama mengingat peminat cukup banyak apalagi di tambah momet lebaran seperti ini yang membuat konsumen meminta untui secepatnya.

Menurut Imam Choeru Cahya selaku marketing MKYSI yang dikutip melalu Kompas mengatakan bahwa memang untuk XPander masih harus inden 2-3 bulan, meskipun banyak konsumen yang meminta secepatnya namun tetap memprioritaskan pembeli yang sudah antri, artinya akan sesuai urutan saat inden.

Menurutnya lagi, memang ada yang membatalkan Surat Pemesanan Kendaraan (SPK), namun tidak banyak. Pembatalan tersesbut dipengaruhi banyak faktor salah satunya ingin cepat memilik kendaraan karena tidak ada kendaraan lagi sehingga dialihkan ke mobil lain.

“Tetapi jumlah SPK sampai sekarang masih cukup bagus, sama seperti sebelum-sebelumnya. Perkiraan ritail sales kita Mei akan lebih tinggi dari wholesales, karena kita mengejar pengiriman unit ke konsumen menjelang Lebaran seperti ini,” kata dia.

Semestinya masalah inden yang mengular ini harus segera diselesaikan oleh MKYSI, belajar dari kasus sebelumnya yang juga menjadi kompetitornya Suzuki Ertiga dimana awal kemunculannya juga sempat mengguncang pasar MPV Indonesia namun karena inden yang cukup lama perlahan mulai ditinggal calon konsumennya dan pergi memilih kendaraan yang ready stock.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *