Batasan Ban Cadangan/Serep Pada Mobil? Ini Info Selengkapnya!

ban serep, batasan ban serepBan cadangan datau ban serep pada mobil biasanya tidak sama dengan ban utama yang digunakan oleh mobil, hal ini dikarenakan faktor space atau ruang untuk penyimpanan ban cadangan yang tidak terlalu besar sehingga ukuran ban harus menyesuaikan alias dikecilkan agar muat dalam ruang tersebut. Tujuan agar ban cadangan teteap ada dan bisa digunakan saat darurat ditengah perjalanan.

Nah karena ukurannya lebih kecil otomatis daya serta kekuatannya tidak akan sama dengan ban utama, karena sifatnya yang utama memang untuk cadangan atau darurat saja. Ada batasan-batasan yang dimiliki ban cadangan agar tetap aman dan nyaman digunakan dalam perjalanan.

Karena dari awal sifatnya untuk sementara maka tidak disarankan untuk menggunakannya secara terus menerus, ada baiknya jika ada bengkel/tambal ban segera ganti ban cadangan dengan ban utama. Selain itu karena ukurannya yang lebih kecil akan sangat mempengaruhi traksi serta pengereman mobil jadi akan sangat membahayakan jika dipaksakan terus menerus.

Selain itu jaga juga kecepatan mobil, umunya ban cadangan hanya diperuntukan dengan kecepatan 60 km/jam, karena traksi dan pengereman yang berkurang tadi sehingga berbahaya jika digunakan dalam kecepatan tinggi. Dalam keadaaan benar benar darurat ban yang sudah tidak ada anginnya atau kempes, mobil bisa tetap dibawa jalan sampai 5 km. Asalkan, pelek mobil tidak diganti atau standar.

Perlu diketahui sobat juga bahwa menurut UU LLAJ Nomor 22 tahun 2009 pasal 57, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi perlengkapan kendaraan bermotor, untuk mobil salah satunya ban cadangan. Sementara pada Pasal 278, jika perlengkapan tersebut tak lengkap akan dipidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling paling banyak Rp 250.000. Oleh sebab itu penting rasanya untuk mengetahui bagaimana ketentuan dari ban serep itu sendiri bila digunakan.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *