Aturan Sepeda Motor Dalam Mengangkut Barang Bawaan

Barang bawaan motorBanyak yang pertanyaan dikalangan bikers Indonesia, apakah boleh motor mengangkut barang? kalo boleh adakah aturan atau undang-undang yang mengatur hal tersebut. Karena seringnya terjadi kesalaha pahaman antara bikers dan Polisi lalu lintas yang kadang menilang atau kadang membiarkan motor dengan membawa beberapa barang.

Sebenarnya ada Undang-undang yang mengatur tentang barang bawaan pada motor. Hal ini tertera pada Peraturan Pemerintah Nomor 74 Tahun 2014 Tentang Angkutan Jalan.

Pada bagian ketiga di dalam PP, tentang Angkutan Barang dengan Kendaraan Bermotor pasal 10 ayat 4, disebutkan persyaratan teknis supaya membawa barang di motor diperbolehkann. Aturan ini juga dirumuskan berdasarkan faktor keselamatan di jalan. Persyaratan yang dimaksud untuk sepeda motor yaitu:

a. Muatan memiliki lebar tidak melebihi stang kemudi.
b. Tinggi muatan tidak melebihi 900 (sembilan ratus) milimeter dari atas tempat duduk pengemudi.
c. Barang muatan ditempatkan di belakang pengemudi.

Dengan adanya PP tersebut berarti motor masih diperbolehkan membawa barang bawaan namun sesuai dengan ketentuan tiga ayat diatas. PP tersebut juga diperuntukkan bagi keselamatan pengendara sendiri maupun pengendara lain, mengingat jika barang bawaan terlalu banyak/besar/berat bisa membahayakan karena keseimbangan jauh berkurang.

Nah jika sobat diberhentikan petugas karena alasan barang bawaan berlebih silahkan cek apakah barang bawaan sobat sesuai dengan aturan PP diatas atau tidak. Jika tidak sesuai sudah sewajarnya sobat mendapat teguran atau surat tilang, namun bila masih sesuai dalam aturan tersebut maka sobat tidak akan ditilang.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *